RISET DALAM PEMBUATAN FILM DOKUMENTER

PENGERTIAN RISET
Rangkaian kegiatan sistematis yang dilakukan untuk memahami fenomena, baik
Fenomena alam maupun fenomena sosial dan budaya.

INFORMASI YANG DIGALI SAAT RISET
Data Tulisan : Buku, Majalah, Koran, Surat.
Data Visual : Foto, Film, Video, Lukisan, Poster, Patung.
Data Suara : Bunyi-bunyian, musik, lagu.
Data Tokoh : Subyek, Narasumber, Informan.
Data Lokasi : Tempat Kejadian / Peristiwa.

TIGA KATEGORI DATA SUBYEK
Data Fisik
Nama, Usia, Jenis Kelamin, Kondisi Tubuh (Sakit atau Cacat), Postur (Tinggi atau Pendek), Sifat ( Menarik atau Keras), Ekspresi, Cara Bicara ( Dialek atau Artikulasi).

Data Sosiologis
Latar belakang etnis (Suku, Kebangsaan), Kelas Sosial, Pendidikan, Profesi (Penghasilan atau Pekerjaan), Keluarga (Bujangan, Anak, Istri) Kerabat atau teman didalam atau dilur pekerjaan, Hobi (Kesenangan Pribadi), Visi Politik dan Religi.

Data Psikologis
Ambisi pribadi, Sikap hidup, Keunggulan, Kelemahan, Tempramen atau karakter, Intelegensia.


TAHAPAN RISET

Riset Pustaka atau Literatur
Melakukan penggalian informasi yang sebanyak-banyaknya melalui berbagai bahan bacaa, Baik dari koran, majalah, buku-buku literatur dan informasi dari internet.
RISET LOKASI
Melakukan penggalian informasi langsung ditempat lokasi subyek dan obyek yang akan dijadikan film dokumenter. Tujuannya agar kita paham akan geografi, demografi, budaya, serta adat istiadat obyek dokumenter.
WAWANCARA
Mewawancarai berbagai sumber informasi untuk mendalami materi yang akan diangkat sebagai film dokumenter. Dalam proses wawancara menentukan tokoh atau subyek yang akan tampil dalam film berdasarkan pengamatan yang seksama di lokasi.
Riset Partisipatif
Melakukan pendalaman materi dengan cara melibatkan diri dalam berbagai kegiatan subyek agar mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan kedekatan dengan subyek agar timpul rasa saling percaya.

ANALISA DATA RISET
Mengidentifikasi data-data penting dan menyingkirkan data-data yang tidak penting. Dalam hal ini pembuat film harus fokus dan merelakan data yang tidak penting) Mengkatgorikan data primer dan sekunder diantaranya : tokoh-tokoh, fakta sejarah, dan kegiatan-kegiatan. Kemudian mencari hubungan sebab dan akibat. Mengaitkan fenomena spesifik dengan konteks yang lebih besar.

LANGKAH PENTING RISET
Membuat Field notes (catatan lapangan)
Membuat life history (sejarah hidup) tokoh-tokoh utama
Mendeskripsikan lingkungan geografis lokasi
Membuat mind mapping (Alur Berfikir)


Daftar Pustaka
Wiranegara, IGP.2014. Tahap Film Dokumenter


Comments

Popular posts from this blog