KEINDAHAN

Apa itu keindahan? sebelum kita memulai mencoba menelaah apakah keindahan yang di maksud dengan keindahan; ada baiknya bila kita meninjau lebih dahulu kenyataan-kenyataan mana yang kita sebut indah dan rasakan sebagai indah. Ada bermacam-macam hal yang dapat menimbulkan rasa indah saat kita mengalaminya.

Secara ringkas, kita dapat menggolongkan hal-hal yang yang indah dalam dua golongan, yakni:

Pertama, Keindahan alami, Keindahan yang tidak dibuat oleh manusia. Misalnya gunung, laut, pepohonan, bunga, kupu-kupu. Atau barang-barang yang memporoleh wujud indah akibat peristiwa alam.

Karang Hawu - Pelabuhan Ratu, Sukabumi
Foto : Alpian Khoerudin


Kedua, hal-hal indah yang diciptakan dan diwujudkan oleh manusia. mengenai keindahan barang-barang buatan manusia secara umum kita menyebutnya sebagai barang kesenian. Akan tetapi disamping itu banyak barang-barang yang dibuat manusia untuk keperluan sehari-hari, ada juga yang dibuat untuk hiasan yang keindahannya tidak kalah dari barang-barang kesenian. Barang-barang demikian disebut barang kerajinan tangan. Sebutan ini sama sekali tidak menyangkut penilaian tentang keindahan barang-barang itu. penyebutan ini hanya bermaksud menggolongkan jenis barang indah tersebut. Perbedaanya adalah; barang kesenian ada maksud dari sang pencipta untuk menuangkan perasaan di dalamnya atau suatu pesan tertentu, sementara barang kerajinan tangan mempunyai manfaat praktis disamping dibuat untuk menarik dan memberikan kepuasan rasa indah belaka. Dengan kata lain, sebutan yang berbeda mengacu pada maksud dan prosesi penciptaan dan perwujudan barang-barang tersebut. 

Pada umumnya apa yang kita sebut indah didalam jiwa kita dapat menimbulkan rasa senang, rasa puas, nyaman dan bahagia, dan bila perasaan itu sangat kuat, kita merasa terpukau, terharu, terpesona, serta menimbulkan keinginan untuk mengalami kembali perasaan itu walaupun sudah dinikmati berkali-kali. (Dalam bahasa Bali: Kelangen).

Sumber : Buku "Estetika Sebuah Pengantar" Dr. A.A.M. Djelantik.1999

Comments

Popular posts from this blog